Inovasi di saat Pandemi Covid-19

Meskipun saat ini Indonesia tengah mengalami pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan civitas akademika Universitas Telkom berhenti untuk berkarya terutama yang bisa di lakukan untuk ikut berkontribusi dalam menanggulangi pandemi Covid-19, ada beberapa inovasi yang telah dihasilkan oleh Universitas Telkom antara lain :

  1. Robot AUMR Covid-19
  2. Chamber Car
  3. Aplikasi Thermal Imaging
  4. Masker 3 lapis
  5. Sterilizer Tunnel For Office
  6. Aplikasi Smart Metering
  7. Aplikasi Monitoring PV Solar Panel

Robot AUMR, Dengan menggunakan sistem Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) ini diharapkan tenaga medis, tenaga keperawatan dan petugas rumah sakit yang khusus menangani kasus Covid-19 dapat terhindar dari tertularnya virus. Disamping itu pekerjaan sterilisasi dan desinfeksi ruangan isolasi yang dilakukan oleh petugas  rumah  sakit  akan  lebih  mudah  dan  aman  dari  efek  samping  UVC.  Target  proyek penelitian ini terbagi dalam dua tahap, tahap pertama, AUMR dapat beroperasi di rumah sakit menggunakan  remote  control  jarak  jauh  dan  dilakukan  pengujian  dampak  UVC  terhadap mikrobiologi  pada  ruang  isolasi  tersebut.  Tahap  kedua,  AUMR  dapat  beroperasi  secara autonomous dengan menggunakan tanda-tanda atau jalur (track) yang terpasang di lantai rumah sakit. Teknologi ini adalah sebuah upaya untuk membantu pemerintah dan masyarakat untuk menangani wabah pandemi Covid-19 ataupun wabah menular lainnya yang sejenis

https://lh3.googleusercontent.com/B7QYZGg_3A_IrgDQtCZUvwiKpR0v7FcekH1rmM7r0Ps4M4eNusdENGpwwJjfwrRZIbOmAaLWbjIEj3Cm-0SxsepUr7bfI5mdiG9MgLrTg0tWprr53Drex5WRGW7RcDpNe9YuNnc=s1600

Chamber Car yang bertujuan untuk membersihkan dan mensterilkan kendaran mobil yang akan memasuki lingkungan kampus Universitas Telkom dari bakteri maupun virus. Sistem ini otomatis akan menyemprotkan cairan desinfektan pada mobil secara 2 arah, bagian samping kanan, dan samping kiri yang berlangsung selama 20 detik.

https://lh3.googleusercontent.com/swQ0Mm9fJySemO34mYnRYkTAAUH6fYdF7ouABV-4suuzUNUf-iVCmgMzJ2GjHDfjo6kdlpeuauAcYxhffzwTUuf1RkrgTYtfI3FmIeS23UTr7dWIhdW7fdGdF0odii08RIHtDls=s1600

Alat Pendeteksi Suhu Tubuh otomatis (Thermal Imaging) Penggunaan sumber daya ini nantinya akan diimplementasikan dengan berkoordinasi pemerintah daerah serta pihak terkait. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat beberapa aspek  mitigasi  bencana untuk pencegahan dan penanggulangan wabah secara praktis. Salah satu contoh aplikasi yang  dapat digunakan untuk mitigasi bencana adalah pendeteksi temperatur tubuh manusia terutama apabila dalam bentuk kerumunan. Pada penelitian sebelumnya telah dikembangkan drone yang berbentuk quadcopter sebagai media penyemprotan  disinfektan. Sistem ini  dapat dimodifikasi  untuk keperluan  penanggulangan COVID-19. Oleh karena itu, penambahan fitur thermal imaging pada drone untuk membantu mitigasi penanggulangan pandemi COVID-19  dapat  dilakukan  dalam  fungsinya  untuk  aerial monitoring pada skala lokal.

Masker 3 Lapisan, Masker pelindung yang terbuat dari “kain yang melar seperti bahan jeans, bukan bahan tenunan”. masker ini memiliki struktur 3-lapisan yang terdiri dari bahan-bahan seperti: Waterproof non-woven layer (front), Microfibre melt-blown non-woven fabric (middle), Ordinary non-woven fabric (back).

https://lh5.googleusercontent.com/xHrvbp8kaXzZxqX_umEYSuHMfEizEacFucqj2nEFYO3m-9kaZgJzOXEI-aSnt930azFnsOjCCQVCEOM6Cb6M8b4wiA3n9XMYdeDfd14NceaJkxO7rtASeFFgRjQKfIcz5hp91OM=s1600

Sterilizer Tunnel For Office, Fasilitas terowongan sterilisasi untuk para karyawan kantor menggunakan teknologi Ultrasonic Air Humidifier dengan kapasitas besar, ruang fogging berbentuk terowongan portable dengan beberapa titik nozzle fogging otomatis, sehingga para karyawan tidak perlu antri untuk menggunakan ruang sterilisasi, atau menyentuh tombol /pintu sehingga mengurasi resiko terpapar dari sentuhan, karyawan hanya perlu berjalan perlahan dan berjarak aman dengan membawa semua peralatan kerja seperti tas laptop dsb menyusuri terowongan portable dengan panjang sekitar 6-8 meter atau dengan memakan waktu tempuh selama sekitar 10-15 detik, yang bisa dikembangkan dengan menggunakan sistem conveyor atau travelator /horizontal escalator, pengembangan sensor otomatis aktivasi fogging dan pengaturan lama ideal penggunaan.

Smart Metering, Dengan menggunakan aplikasi yang dibuat oleh tim Dosen Universitas Telkom ini, kita akan mengetahui berapa besar konsumsi listrik setiap gedung, sehingga kita bisa membuat suatu keputusan terkait penghematan listrik yang akan dilakukan.

PV Solar Cell Monitoring, aplikasi yang juga dikembangkan oleh tim Dosen Universitas Telkom ini. Kita bisa melihat produksi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik tenaga solar yang dipasang di seluruh area kampus Universitas Telkom.

Leave a Reply

Your email address will not be published.