Kenitu, Buah Enak yang Kaya Manfaat

Nama buah ini Kenitu (Chrysophyllum cainito), beberapa orang menyebutnya macecu. Di beberapa dareah buah ini disebut dengan sawo manila tau sawo Belanda. Mungkin karena warnanya hijau sangat muda cenderung putih dengan daging buah seperti susu makanya disebut dengan sawo Belanda. Di beberapa daerah di Jawa Timur, Kenitu dijual per-ikat. Rasanya yang manis dengan daging buah yang lembut membuat banyak orang menggemari buah ini. Apalagi daging buah yang menyelubungi biji, rasanya lebih kenyal seperti buah aren. Sayang sekali di Bandung, tidak ada yang menjual buah ini, bahkan banyak yang tidak tahu kalau buah ini bisa dimakan. Pohon kenitu dapat dikenali lewat daunnya yang berwarna hijau dengan warna coklat di bagian bawahnya. Sekilas mirip dengan daun pohon durian. Tinggi pohon ini bisa mencapai 10-15 meter dengan usia hingga belasan tahun. Beberapa mitos mengatakan bahwa pohon ini lumayan angker kalau sudah besar karena menjadi tempat kesukaan beberapa makhluk tak kasat mata. Tapi ini cuma mitos, jangan dipercaya.

Pohon Kenitu di sebelah Green Loung

Dibalik rasanya yang enak, buah ini juga menyimpan banyak manfaat. Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin A dan C, serta mengandung mineral seperti kalsium. Buah ini dipercaya bisa membantu menyembuhkan hipertensi, mengurangi demam dan meringankan gejala diare. Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa buah ini bisa menghambat efek penuaan, menguatkan gigi serta menurunkan berat badan, Hal ini tentunya terkait dengan kandungan gizi dan serat dalam buah ini.

Di kawasan Telkom University, pohon buah kenitu bisa ditemui di sekitaran Danau Galau eh Situ Techno, di sekitaran Asrama Putra dan di sebelah Selatan Green Lounge. Semuanya belum berbuah karena pohonnya relative masih kecil. Semoga dalan 2-3 tahun ke depan kita bisa menikmati buah kenitu di kampus Telkom University.

Buah kenitu, sumber: https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2015/04/15/527429/670×335/ini-khasiat-ajaib-kenitu-bagi-kesehatan.jpg

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.