Pohon Beringin, bukan cuma lambang partai, tapi pohon peneduh yang gagah

Beringin, (Ficus Benyamina L), Beringin adalah tumbuhan yang sangat cocok untuk penghijauan. Umur tanaman ini bisa mencapai puluhan tahun, tinggi bisa mencapai 20-25 meter. dahan yang rimbun, sosok yang kokoh, dan perakaran yang kuat. Di Telkom University, pohon beringin bisa ditemukan di depan Gedung Panabulai, pojok Gedung Tjatjuk sebelah Barat, depan Masjid Syamsul Ulum serta di hutan sekitar gedung Damar.

Pohon Beringin di depan Gedung Damar

Beringin biasa disebut juga dengan waringin atau caringin.Salah satu yang khas dari pohon beringin adalah akar gantung atau akar udara, sekalipun bisa tumbuh sangat besar daun dan buahnya kecil-kecil. Daun beringin bisa dimanfaatkan untuk obat kejang panas pada anak, radang usus akut, dan bronkitis kronis. Sedangkan akar anginnya bisa digunakan sebagai obat amandel.

Beringin Karet (Ficus Elastica) di Barat Gedung B Grha Tjatjuk

Selain beringin biasa, di Telkom University juga terdapat beberapa jenis beringin lain, beringin putih yang terletak di depan gedung Panambulai dan beringin korea (Ficus compacta/ficus coreana) yang terletak di dekat prasasti Grha Wiyata Cacuk Sudaryanto.

Dua pohon beringin putih ( Ficus Radicant Variegata) mengapit Gedung Panambulai

Leave a Reply

Your email address will not be published.