Syzygium Oleina alias Si Pucuk Merah

Pucuk merah (Syzygium_Oleina) merupakan salah satu tumbuhan yang menghias kampus Telkom University di beberapa sudut. Pohon ini bisa ditemukan di jalan menuju Danau Galau dari Gedung Bangkit, sepanjang trotoar sebelah utara Gedung A Grha Wiyata Cacuk Sudarijanto dan yang pasti di seputaran Danau ITTelkom. Pohon ini dinamakan pucuk merah karena pucuk daun muda pohon ini berwarna merah. Untuk memnacing agar warna merah tetap muncul, biasanya dilakukan pemangkasan. Pohon ini bisa ditanam langsung di tanah sebagai elemen landscape, juga bisa ditanam dalam pot sebagai potplan. Sepintas, pohon cantik ini Sosoknya mirip dengan pohon cengkih,
(eugenia Aromatica) karena memang pohon ini semarga yaitu marga Myrtaceae yang terdiri 500 species termasuk didalamnya jambu air (S. samarangense) dan Jamblang (S. Cumini)

Pucuk merah di sebelah utara Gedung A Grha Cacuk

Si Pucuk merah ini seperti halnya cengkih yang tingginya bisa mencapai 20-30 meter di tempat asalnya yaitu Australia. Syzygium Oleina dikenal juga dengan nama S. Oleosum atau Eugenia Oleasa yang merujuk pada kata Oleum yang dalam bahasa latin berarti minyak. Hal ini disebabkan daunnya mengandung kelenjar minyak yang beraroma khas.

Pucuk Merah di jalan menuju Danau Galau

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.